Minggu, 17 Juni 2012

Cara Merubah gameboy jadi midi controller


Berikut adalah contoh langkah-demi-langkah cara menginstal Midify menjadi SP Game Boy Advance.

Apa yang perlu
·         Game Boy Advance SP
·         Midify + Aksesoris
·         Tri-Wing Obeng
·         Kecil Phillips Obeng
·         Rendah Watt solder besi dengan Tip Rupa
·         Pateri
·         Kawat Cutters
·         Kawat Kawat penari telanjang untuk 30AWG
·         Pisau utilitas dan / atau Alat Dremel

Membongkar SP
Gunakan Phillips kecil obeng untuk menghapus penutup baterai.

Lepaskan baterai

Gunakan obeng tri-sayap untuk menghapus sekrup yang memegang kasus bersama-sama.

Angkat belakang kasus ini off dan sisihkan.

Gunakan obeng Phillips untuk menghapus tiga sekrup yang memegang papan sirkuit di tempat.

Tip papan atas untuk mengungkapkan konektor pita untuk LCD.

Geser bagian coklat dari konektor pita seperti yang ditunjukkan untuk melepaskan kabel pita LCD.

Hapus forum dari kasus ini dan menetapkan kasus itu ke samping.

Instal Midify board
Kumpulkan semua bagian yang datang dengan kit Midify Anda.

Gunakan pita dua sisi untuk tetap dewan Midify ke papan SP.


Label di papan Midify adalah jenis sulit untuk dibaca. Berikut adalah diagram yang menunjukkan apa yang mereka adalah:

Hubungkan catu daya dua Midify (+ dan -) bantalan ke papan SP. + Terhubung ke pin 1 dari konektor dan SP kartrid - terhubung ke pin 32. Ada banyak ruang di dalam Game Boy jadi pastikan Anda memangkas dari setiap kawat kelebihan dan kembali mengupas akhir. Yang terbaik untuk menjalankan kawat di sekitar chip di papan Midify bukan di atasnya.
Midify Pad
Cartridge Connector Pin
+
1
-
32



Catatan tentang solder dengan hanya dua tangan: Cara termudah untuk membuat koneksi ke bantalan solder pada Midify dan papan SP adalah untuk pertama menempatkan gumpalan kecil solder pada pad, kemudian mencair gumpalan saat Anda mengatur akhir kawat ke dalamnya.
Sekarang saatnya untuk mulai membuat semua koneksi ke sisi berlawanan dari papan. Mulailah dengan kawat LED. Solder ke DL2 seperti yang ditunjukkan.

Rute kawat sehingga tidak mengganggu dengan LED atau tombol. Sebagai aturan umum mencoba untuk menjaga kabel dari daerah putih di papan tulis.
Tekuk kawat di sekitar tepi papan dan sisi lain.

Balik papan kembali. Rute kabel bawah konektor baterai dan di atas resistor variabel (bulat emas yang tampak hal). Trim off setiap panjang berlebihan, menanggalkan akhir dan solder kawat untuk pad LED Midify.

Beberapa forum SP terlihat sedikit berbeda daripada yang ditampilkan di sini.Tidak apa-apa; koneksi adalah sama. Anda hanya perlu untuk rute kabel antara konektor baterai dan kumparan putaran yang berada di bawah jika Anda memiliki salah satu papan.
Sekarang mulai menghubungkan output Midify bernomor untuk bantalan solder untuk berbagai tombol SP. Cara yang tepat Anda akan melakukan ini akan bervariasi tergantung pada apa yang Anda menggunakan SP Midified Anda untuk.Hanya ingat-jika Anda berubah pikiran tentang yang catatan yang ingin dipetakan ke tombol mana yang kemudian mudah untuk mengkonfigurasi ulang tanpa mengambil SP kembali terpisah.
Berikut adalah tabel yang menunjukkan yang SP solder pad (TP) sesuai dengan yang tombol sehingga Anda dapat bekerja dari peta kustom jika Anda ingin:
Tombol Solder Pad Daftar
TP0-A
TP1-B
TP2-Pilih
TP3-Start
TP4-Kanan 
TP5-Kiri
TP6-Up
TP7-Down
TP8-R
TP9-L 

Untuk tutorial ini kita akan berasumsi bahwa Anda modding SP untuk digunakan dengan cartridge synth yang bisa bermain 8 catatan. Kita akan membuat koneksi berikut (L dan R yang tidak digunakan oleh kartrid dalam contoh kita, tetapi Anda dapat menghubungkan mereka sehingga Anda dapat memetakan mereka nanti jika Anda inginkan):
Midify output
SP Koneksi
Tombol Nama
1
TP6
Naik
2
TP7
Turun
3
TP5
Kiri
4
TP4
Tepat
5
TP2
Memilih
6
TP3
Mulai
7
TP1
B
8
TP0
Sebuah
9
TP9
L
10
TP8
R
Hubungkan kabel dan rute mereka dari belakang papan ke depan seperti yang Anda lakukan dengan kawat LED.

Sekali lagi hati-hati untuk rute kabel sehingga mereka tidak mengganggu tombol apapun, LED, resistor variabel atau komponen tinggi. Jauhkan dari daerah putih.Perlu diketahui juga bahwa dewan Midify sangat dekat dengan IC besar di papan SP. Pastikan tidak ada kabel atau gumpalan solder menonjol melewati tepi papan di mana mereka bisa melakukan kontak dengan pin IC.
Ubah Kasus
Setelah menghubungkan semua kabel tombol waktunya untuk mengubah kasus SP.Mulailah dengan kliping kebuntuan + berbentuk setengah dari belakang kasus dengan pemotong kawat Anda.


Gunakan pisau atau Dremel untuk menghapus lubang sekrup / kebuntuan seperti yang ditunjukkan.


Sekarang menghapus bagian lain dari lubang sekrup / kebuntuan dari setengah depan kasus ini.


Gunakan pisau atau Dremel mencukur kebuntuan berbentuk persegi dari paruh belakang kasus (di sebelah lubang konektor baterai) sehingga rata dengan bagian belakang baterai.
Trim flens persegi di sekitar lubang resistor variabel sehingga rata dengan bagian belakang baterai.

Sekarang saatnya untuk mengebor beberapa lubang. Berikut ini adalah PDF untuk membantu Anda menelusuri mereka di tempat yang tepat:

Ketika Anda mencetak keluar pastikan Anda menonaktifkan segala jenis skala / pengurangan, melainkan harus mencetak ukuran sebenarnya.
Mulailah dengan lubang di tempat baterai (ini diperlukan agar salah satu chip di papan Midify dapat menonjol melalui sedikit dan kasus bisa menutup). Potong lebih besar dari dua template dari file PDF dan tempatkan dalam kompartemen.
Gunakan runcing penusuk, pusat pukulan atau sesuatu untuk menandai pusat lubang.

Hapus template.
Gunakan sedikit kecil untuk mengebor lubang percontohan dimana Anda tandai.Jauhkan pengeboran lubang besar dan lebih besar hingga mencapai 13/64 ".
Jika Anda mencoba untuk melompat tepat ke lubang "13/64 Anda menjalankan resiko retak kasus atau tidak mendapatkan hak lubang di tanda Anda.


Sekarang ulangi proses dengan template yang lebih kecil dan lubang untuk jack MIDI. Tempatkan template seperti yang ditunjukkan. Pastikan sudut ditandai berbaris dengan sudut kasus ini.

Tandai bagian tengah lubang dengan alat runcing pilihan Anda.

Bor lubang, sekali lagi mulai kecil dan bekerja dengan cara Anda sampai dengan13/64 ".


Setelah Anda semua dilakukan, setengah belakang kasus ini akan terlihat seperti ini:

Instal MIDI Jack
Set kasus itu ke samping dan menemukan jack 2.5mm. Solder dua kabel untuk itu seperti yang ditunjukkan. Gunakan dua warna yang berbeda sehingga Anda bisa mendapatkan hak polaritas (di foto ini hitam pergi ke lengan dan kuning berjalan ke ujung).


Instal jack ke dalam lubang Anda dibor ke sisi kasus SP. Ini termudah untuk melakukannya jika Anda mengarahkan konektor sehingga tab solder yang mengarah ke atas seperti yang ditunjukkan.

Putar jack sehingga kontak ujung dan semua tab solder menurun (Anda tidak ingin sesuatu yang menonjol di atas tepi kasus ini).

Instal mesin cuci dan kacang untuk memegang jack di tempat. Anda dapat kencangkan bawah dengan soket "9/32 atau tang (hati-hati untuk tidak menggaruk kasus SP)

Hubungkan dua kabel jack ke papan Midify.
Masukan Midify
Jack Koneksi
MI4
Ujung
MI5
Lengan

Pasang kembali SP
Sementara mengatur dewan SP di paruh belakang kasus ini.

Hubungkan kembali kabel pita untuk LCD dengan memasukkan kabel ke konektor dan geser tab coklat kembali ke posisinya. Anda harus dapat menariknya pada kabel sedikit tanpa itu keluar jika terkunci dengan benar.

Sekarang melipat kembali SP papan memasuki babak depan kasus ini. Lipat setengah bagian belakang dari jalan dan menginstal ulang baut yang menahan papan SP di tempat. Salah satu sekrup sekarang terletak di bawah papan Midify sehingga mungkin lebih mudah hanya untuk meninggalkan yang satu keluar.

Pastikan tombol L & R serta topi plastik untuk kontrol kekuatan dan volume berada di tempat.
Pasang kembali penutup belakang. Pastikan kabel yang pergi ke jack MIDI tidak mengganggu apa-apa. Anda akan merasakan tekanan dari semua kabel Anda hanya terinstal, tapi sedikit tidak akan sakit apa-apa. Jika Anda harus menekan sangat keras, bagaimanapun, tarik penutup mundur dan mencari sesuatu yang mungkin mencubit.
Anda mungkin perlu geser papan Midify sekitar sedikit sehingga garis Chip dengan lubang Anda dibor di tempat baterai.

Ganti semua sekrup penutup belakang (kecuali yang oleh jack MIDI).

Pasang kembali baterai dan penutup baterai.


Konfigurasi Midify
Gunakan kabel yang disertakan untuk menghubungkan SP untuk keyboard MIDI.

Masukkan kartrid synth Anda dan daya pada SP.
Pemetaan default kunci untuk Midify adalah untuk setiap catatan di oktaf mulai Tengah C untuk sesuai dengan salah satu dari 12 output. Karena contoh ini mengasumsikan Anda menggunakan kartrid synth yang hanya menggunakan 8 output pertama dan bahwa mereka perlu dipetakan ke nilai satu oktaf dari tombol putih saja, kita akan menggunakan keyboard untuk memilih "Default 8-Catatan Peta" pilihan.

Tahan 5 kunci konfigurasi pada keyboard MIDI (catatan nomor 48-52, C, C #, D, D # dan E di bawah C tengah). Lampu LED pada SP akan mulai berkedip perlahan (mungkin berkedip on / off atau merah / hijau).
Tekan dan nomor rilis catatan 54 (F # di bawah C tengah). Lampu LED akan berkedip beberapa kali cepat untuk membiarkan Anda tahu bahwa itu telah melakukan aksi yang diminta.
Lepaskan 5 kunci konfigurasi. LED akan berhenti berkedip dan Anda siap untuk mulai bermain musik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar